IBX595C13BD0C759

Tuesday, 20 February 2018

Untung Rugi Beli Properti Menggunakan Jasa Agen

Properti
Menggunakan jasa agen dalam membeli properti saat ini banyak diterapkan oleh mereka yang menjual atau membeli harta yang bisa diinvestasikan. Terlebih bagi mereka yang terlalu sibuk atau merasa kurang paham menganai hal-hal di bidang properti. 

Agen dalam hal jual beli properti ini biasanya disebut sebagai agen broker. Para agen ini bertugas mempertemukan penjual dan pembeli sehingga bisa mencapai kesepakatan dalam proses jual belinya. Baik itu sebelum maupun sesudah transaksi dilakukan.

Namun, perlu Anda tahu, menggunakan jasa agen saat jual beli harta yang bisa diinvestasikan ini memiliki keuntungan dan kekurangan. Hal ini sering menjadi pro dan kontra di kalangan propertis. Anda tertarik menggunakan jasa agen untuk membantu mempertemukan Anda dengan penjual tanah atau rumah yang Anda perlukan? Ini untung dan ruginya.

Keuntungan Menggunakan Jasa Agen

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan jasa agen saat membeli dan menjual tanah ataupun rumah. Salah satunya adalah lebih efektif dan efisien. Seorang agen broker memiliki jaringan yang luas. Mereka bisa mendapatkan berbagai informasi yang Anda butuhkan dari seluruh jaringan yang dimilikinya.

Dengan menggunakan jasa agen saat membeli tanah atau rumah, Anda bisa menemukan yang sesuai dengan impian Anda dengan waktu yang bisa dikatakan terlampau cepat. Sebab, agen broker memiliki database berbagai profil produk yang dikemas dalam bentuk website. Cara ini bisa membuat Anda lebih mudah dalam memilih apa yang Anda butuhkan.

Keuntungan lainnya adalah lebih efisien. Anda tak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga sendiri untuk mencari barang yang Anda inginkan. Agen juga akan menyelesaikan masalah administrasi dan appraisal saat Anda membelinya. Keuntungan lainnya, agen broker lebih memahami harga pasar.

Anda bisa mendapatkan harga dari suatu barang yang tidak terlalu tinggi tapi juga tidak terlalu rendah. Agen properti ini juga akan membantu Anda dalam mengetahui harga pasaran yang sesuai dengan produk yang Anda. Keuntungan lainnya menggunakan jasa agen broker dalam membeli rumah ataupun tanah adalah legalitas yang sudah jelas terjamin.

Biasanya, agen properti memiliki pengalaman dan kemampuan dalam hal dokumentasi. Pengalaman ini bisa membantu Anda dalam mengurus segala macam legalisasi tanah atau rumah Anda. Seperti mengurusi keperluan balik nama, sertifikat dan masih banyak yang lainnya yang akan sedikit menyusahkan orang-orang awam.

Kekurangan Menggunakan Jasa Agen

Bila ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Anda pasti tahu ini, kan? Begitu juga bila Anda menggunakan jasa agen broker saat membeli tanah atau rumah. Salah satu kekurangan dari menggunakan jasa agen adalah Anda harus memberikan fee pada agen tersebut. Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk ongkos agen yang membantu Anda.

Sebenarnya, pada pembeli, fee yang dibebankan tidaklah terlalu besar. Biasanya, agen broker mendapat keuntungan lebih besar lewat pemilik barang yang ia jualkan. Besaran komisinya biasanya 2 hingga lebih persen dari nilai jual. Tapi, sebagian agen ada juga yang meminta komisi dari penjual dan pembeli sama besarnya.

Selain itu, kekurangan lainnya menggunakan agen saat membeli tanah atau rumah adalah kompetensi agen yang tidak serupa. Setiap agen biasanya memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menemukan tanah atau rumah yang Anda inginkan. Memilih agen yang berkualitas juga tidaklah mudah apalagi bagi orang-orang yang baru ingin mencobanya. 

Kadang, ada juga agen yang malas. Mereka hanya memberikan Anda informasi mengenai tanah atau rumah yang Anda inginkan dan membiarkan Anda memilih sendiri. Ada juga kasus lainnya di mana agen properti tidak memberikan informasi pada pembeli mengenai penawaran harga yang terbaik.

Lalu, ia mengangsurkan pembeli pada agen lain yang bisa memberikannya fee lebih besar ketimbang fee yang didapat dari penjual dan pembeli. Bagi agen yang profesional, biasanya tidak akan melakukan ini. Tapi, pada kenyataannya, banyak agen yang memilih mengenalkan calon pembeli ke harga yang lebih murah namun kualitasnya tak bagus asal dapat fee besar.

Kerugian yang lebih besar malah bisa dirasakan oleh penjual tanah atau rumah. Mereka terikat kontrak dengan agen broker sehingga membuatnya tak bisa menjual ke orang lain selain melalui agen tersebut. Namun, ada pengecualian bila penjualnya melakukan perjanjian terlebih dulu dengan agennya.

Untuk menghindari kerugian yang besar, ada baiknya memilih agen yang sudah terdaftar dalam organisasi profesi broker. Organisasi ini bernama AREBI atau Asosiasi Real Estate Broker Indonesia. Keberadaannya sudah diakui pemerintah dan para broker yang ada di sini sudah dijamin kualitasnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan jasa agen terbaik.

Menggunakan jasa agen dalam membeli ataupun menjual properti memang lebih mudah dan efisien. Tapi, Anda juga bisa memperoleh banyak kerugian. Bila Anda ingin mendapatkan rumah atau tanah yang sesuai dengan impian Anda tanpa bantuan agen, Anda bisa mencoba mencari sendiri melalui berbagai situs. Salah satunya adalah www.rumah.com.

No comments:
Write comments