IBX595C13BD0C759

Tuesday, 20 February 2018

Ingin Buat Taman Bermain Di Halaman Rumah Untuk Si Anak? Yuk Simak Beberapa Tips Ini!

Taman bermain anak
Membuat rumah yang ramah anak memang sudah bukan hal yang asing lagi bagi sebagian keluarga. Apalagi di era teknologi yang pesat sekarang ini, banyak sekali orang tua yang memberikan gadget kepada anaknya untuk hiburan. Akibatnya, kreativitas anak-anak menjadi kurang tajam dan mempengaruhi kesehatan mereka, contohnya banyak anak-anak yang sejak dini sudah menggunakan kacamata karena terlalu sering bermain game atau nonton TV, bahkan tak jarang dari mereka yang mengalami obesitas karena jarang bergerak.

Untuk itu, cukup penting untuk membuat space taman bermain pada halaman rumah Anda. Sebelum membuat taman, ada baiknya Anda mengikuti tips yang berikut ini:

1. Gambar Sketsa desain taman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendesain taman bermain yang Anda buat terlebih dahulu. Ini merupakan perencanaan awal yang paling mendasar. Jika Anda belum bisa membuat desain awalnya, mintalah bantuan profesional yang ahli dalam bidangnya. 

2. Pilih Permainan yang Tepat 

Agar anak Anda betah bermain di halaman rumah Anda, pilihlah permainan yang tepat sesuai usia dan jenis kelamin anak Anda. Anak laki-laki memiliki keterktarikan yang berbeda dengan anak perempuan dalam memilih permainan. Anak laki-laki cenderung tertarik terhadap permainan ala superhero, balapan mobil, dan sebagainya. Sedangkan anak perempuan lebih menyukai permainan ala puteri raja, masak-masakan dan hal-hal feminim lainnya.

Kemudian, pilihlah permainan yang memiliki nilai unsur pendidikan.  Agar aktivitas bermain anak tak sekedar main-main. Salah satunya dengan memasang rambu/papan berbahasa inggris. Ini kan membantu proses belajar anak Anda, selain mengandalkan pendidikan sekolah formal dan Bimbingan Belajar di luar sekolah jika ada.

3. Perhatikan keamanan

Dalam segala aktivitas, keamanan harus diutamakan. Termasuk aktivitas bermain anak Anda. Jangan sampai anak Anda malah terluka karena terjatuh atau benda-benda yang permukaannya kasar dan tajam. Pasanglah alat-alat permainan sesuai dengan prosedur, agar tercipta keamanan.

4. Buat ruang yang teduh

Jika suhu udara di halaman rumah panas atau hujan deras, anak Anda masih bisa melakukan aktivitas bermainnya, jika Anda membuat sebuah ruang yang teduh. Ada dapat menyiasatinya dengan menggunakan plafon ataupun atap upvc sebagian sudut taman bermain anak Anda.

Sebagai orang tua, Anda harus bijak dalam menyediakan fasilitas yang lengkap di dalam rumah Anda, termasuk menyediakan taman bermain untuk anak Anda. Karena dengan begitu, kecerdasan kinetik dan kreativitas anak Anda akan semakin meningkat.

No comments:
Write comments