IBX595C13BD0C759

Sabtu, 28 Oktober 2017

Pilihan Investasi Tabungan atau Membeli Saham

Ilustrasi Investasi Saham
Masalah keuangan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam kehidupan. Manusia perlu merencanakan keuangan yang dimiliki untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Untuk perencanaan keuangan masa depan, maka menabung saham merupakan salah satu solusi yang dapat ditempuh. Pilihan yang sering membingungkan adalah melakukan investasi tabungan atau membeli saham. Keduanya sama-sama memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Investasi adalah langkah yang ditempuh untuk mencapai tujuan keuangan seseorang di masa depan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Melakukan Investasi

1. Tingkat bunga

Bunga merupakan salah satu hal yang menjadi primadona bagi para pelaku investasi. Seseorang akan berharap mendapat bunga yang besar, sehingga uang yang mereka investasikan dapat bertambah jumlahnya. Jika Anda melakukan investasi tabungan, maka bunga akan tergantung pada kebijakan pemerintah. Suatu ketika pemerintah dapat menurunkan tingkat bunganya, sehingga orang akan cenderung lebih memilih membeli saham daripada investasi tabungan. Apabila inflasi tinggi, maka pemerintah akan meningkatkan nilai bunga, sehingga berdampak membuat masyarakat memilih menabung. Dalam dunia saham, maka kenaikan tingkat bunga dapat mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh. Investasi tabungan atau membeli saham merupakan hal yang sulit untuk diprediksi karena berlangsung untuk masa yang akan datang.

2. Nilai tukar rupiah

Di dalam menabung saham, nilai tukar rupiah menjadi faktor penting. Nilai tukar rupiah merupakan harga rupiah terhadap nilai mata uang negara lain. Misalnya ketika terjadi pertukaran mata uang, maka akan ada harga yang berbeda antara jumlah yang ditukar dengan jumlah yang diperoleh. Bila terjadi penurunan kurs rupiah maka akan berpengaruh negatif terhadap dunia perekonomian dan pasar modal. Menurunnya kurs rupiah dapat menyebabkan biaya produksi meningkat, dan disisi lain penurunan ini menyebabkan suku bunga akan mengalami kenaikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai investasi tabungan dalam negeri. Tentunya ini akan menguntungkan kepada para pelaku investasi tabungan. Dampak di pasar saham, maka akan terjadi fluktuasi karena nilai apresiasi mata uang rupiah terhadap uang asing yang selalu berubah. Hal ini menyebabkan tidak stabilnya permintaan saham oleh para investor asing.

 3. Indeks harga saham

Apabila Anda melakukan investasi tabungan, maka ini tidak akan berpengaruh. Investasi dengan membeli saham akan sangat berpengaruh terhadap IHS. Kondisi pasar yang ada akan memengaruhi investor. Arah dari pergerakan nilai saham akan selaras dengan kondisi pasar yang ada. Menabung saham memiliki risiko harus pintar dalam mengambil keputusan. Kapan akan masuk untuk memulai atau akan keluar.

4. Besarnya Modal

Apabila memilih melakukan investasi tabungan, maka modal yang harus dikeluarkan sesuai dengan yang dimiliki. Berapapun besarnya dapat  Anda tabungkan. Namun, jika memilih membeli saham, maka ada besar modal yang perlu dicapai. Modal yang dimiliki harus cukup untuk membeli saham yang diinginkan.

5. Keuntungan yang diperoleh

Investasi tabungan yang dilakukan akan mendapat keuntungan dari bunga yang diperoleh. Bunga telah ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga di mana melakukan investasi ini. Investasi dengan menabung saham membuat Anda akan memperoleh peluang keuntungan yang jauh lebih besar. Hal ini tergantung pada seberapa besar peluang saham yang dibeli mampu sukses.

Demikian ulasan singkat yang dapat dijadikan pertimbangan bagi Anda yang ingin melakukan investasi. Apakah investasi tabungan atau menabung saham dengan cara membelinya. Semua memiliki keuntungan dan risiko yang dapat diperoleh masing-masing.

1 komentar:
Write komentar
  1. High risk, high return ya.
    Kalau Mbak sendiri pilih tabungan atau saham?

    BalasHapus