IBX595C13BD0C759

Sabtu, 23 September 2017

Perlengkapan Pendakian Yang Tak Boleh Kamu Lupakan

perlengkapan pendakian
Salah satu kegiatan yang memacu adrenalin adalah mendaki gunung. Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang digemari anak muda. Hampir di setiap institusi pendidikan pasti mempunyai unit pecinta alam. Aktifitas pendakian mengajak kita untuk menganggumi alam selain melatih fisik dan mental tentunya.

Ternyata mendaki gunung mempunyai manfaat antara lain:

1. Mengurangi tingkat stress, kondisi perkotaan yang sudah padat dengan berbagai aktifitas sangat mudah membua orang mengalami tekanan. Seskali butuh untuk rehat agar pikiran kembali segar.
2. Menciptakan kebahagiaan, dengan melihat pemandangan yang menyejukkan mata, ketenangan maka akan menggiring hati untuk mudah bahagia.
3. Membuat orang lebih kreatif, tentunya karena yang dihadapi adalah alam yang mudah berubah maka mau tidak mau memaksa pendaki untuk berpikir kreatif.

Mungkin karena manfaatnya yang luar biasa, sehingga membuat aktifitas pendakian itu tidak hanya milik kawula muda tetapi yang sudah berumur pun tetap banyak yang suka. Medan pendakiannya saja yang lebih mudah tentunya.

Setiap pendakian harus selalu dipersiapkan dengan matang, baik itu fisik, mental dan tentunya perlengkapan. Adapun peralatan pendakian yang selalu ada diantaranya:

1. Tas carrier, biasanya diisi dengan hal-hal pokok misalnya alat-alat untuk mendaki dan logistic
2. Sepatu gunung, sangat penting untuk pengaman selama perjalanan pendakian. Melindungi dari kerasnya alam.
3. Sleeping bag
4. Jas hujan
5. Pelindung kepala
6. Kaos kaki
7. Jaket

Ada dua benda yang tidak kalah penting untuk dibawa saat mendaki, yaitu sandal gunung dan tas selempang. Memang untuk sandal gunung tidak disarankan dipakai saat mendaki, hal ini dikarenakan kondisi alam yang keras. Sandal gunung, karena  modelnya terbuka ditakutkan kalau nanti kaki akan lebih mudah mengalami cidera. Sandal gunung juga kurang cocok dipakai saat pendakian karena sering melewati jalur yang becek dan kemungkinan lintah akan menempel. Juga cuaca yang dingin tentu akan membuat kaki tidak nyaman untuk melakukan pendakian dengan sandal gunung. 

Tetapi alangakah baiknya sandal gunung tetap dimasukkan dalam daftar barang bawaan, karena sandal gunung sangat bermanfaat untuk aktifitas di sekitar tenda. Untuk wara wiri di base camp, juga untuk melakukan aktifitas yang bersifat pribadi semisal buang air.

Tas carrier merupakan tas wajib untuk para pendaki. Tas besar dengan design yang memang telah dipersiapkan untuk pendakian. Apakah tidak ada tas lain yang perlu dibawa? Ada sebenarnya, yaitu tas kecil yang berbentuk selempang atau ada  juga yang menyukai bentuk tas pinggang. Tas selempang diperlukan untuk tempat barang-barang kecil, seperti dompet, ponsel, korek, dan obat-obatan ringan. Selain itu tas selempang juga bisa dipakai untuk menaruh barang yang diperlukan saat tas carrier tidak memungkinkan dibawa sampai puncak.

Menjadi pendaki gunung yang bijak adalah yang mampu menjaga dirinya dengan baik dan menjaga alam yang memberinya kesempatan untuk melepas penat.

Tidak ada komentar:
Write komentar