IBX595C13BD0C759

Sabtu, 01 Juli 2017

Waspada Serangan Virus Ransomware Petya


Serangan global ransomware petya tepatnya terjadi pada 27 juni yang lalu dan telah melumpuhkan banyak jaringan komputer di seluruh dunia, khususnya Eropa. Pemerintas Republik Indonesia melalui kemenkominfo dan id-SIRTII menghimbau kepada warga pengguna PC untuk mewaspadai serangan ransomware petya.

Kemenkominfo telah mengeluarkan beberapa langkah teknis yang harus dilakukan masyarakat indonesia dan tim IT di perusahaan ataupun lemabaga pemerintahan sebelum mengaktifkan komputer di kantor setelah masa liburan selelsai demi terhindar dari serangan virus ransomware petya.

Mentri kominfo menyebutkan bahwa sudah ada 200 ribu PC yang terjangkit virus petya di Eropa tengah dan Asia selatan. Virus ini jauh lebih parah dan cepat penyebarannya dari pada virus wannacry yang beberapa waktu lalu juga menggegerkan dunia.

Kemenkominfo juga sudah merilis sejumlah langkah yang harus dilakukan supaya tidak terinfeksi dari serangan virus ransomware petya. Supaya lebih mudah dan menarik kemenkominfo menyajikannya dalam format foto.



Sementara id-SIRTII telah memberikan arahan teknis yang lebih mendalam tentang langkah yang harus dilakukan warga ataupun tim IT perusahaan swasta atau pemerintah supaya terhindar dari ganasnya virus ransomware petya.

Salah satu arahan dari id-SIRTII adalah jika komputer Anda dalam keadaan hidup dan muncul sebuah peringatan seperti berikut ketika dinyalakan:

"DO NOT TURN OFF YOUR PC! IF YOU ABORT THIS PROCESS, YOU COULD DESTROY ALL OF YOUR DATA! PLEASE ENSURE THAT YOUR POWER CABLE IS PLUGGED IN!"

Jika pada layar PC Anda muncul peringatan semacam itu maka segera matiak PC Anda. Jika PC Anda dalam keadaan mati maka data pada PC akan tetap aman dan baik-baik saja.
Id-SIRTII pun memberikan arahan pada komputer yang sekarang dalam keadaan mati:

  1. Putuskan koneksi jaringan kabel LAN atau matikan koneksi wifi untuk sementara waktu dan pastikan aplikasi sudah dalam keadaan terupdate serta data-data penting Anda sudah diamankan.
  2. Lakukan back up data yang ada pada PC. Demi keamanan data, walaupun servernya menggunakan linux ataupun MacOS. Sangat disarankan untuk membackup ke externak drive kemudian cabut external drive lalu amankan.
  3. Download tool dan security patch secara manual dari komputer lain ataupun dari smartphone Anda.
  4. Install tools dan security patch ke komputer Anda.
  5. Lakukan full scan pada PC Anda menggunakan anti virus dengan fitur total security dan pastikan sudah menggunakan update-an paling baru.
  6. Non-aktifkan macro service pada microsoft Office dan SMB service pada PC. Aktifkan firewalldan block port 139,445,3389 untuk sementara waktu sampai seluruh proses mitigasi, backup dan update patch telah selesai semua dan tak mendapati masalah.

Begitulah sedikit info yang bisa saya bagikan kepada Pengunjung sekalian, tetap waspada terhdapat serangan ransomware petya! Jangan sampai Anda menjadi korban selanjutnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar