IBX595C13BD0C759

Selasa, 20 Juni 2017

Tips Mudik Aman Dengan Sepeda Motor


“Mudik telah tiba” begitu ucap salah satu perantau. Di Indonesia rutinitas mudik ke kampung halaman memang sudah menjadi rutinitas tahunan, khususnya di bulan yang suci untuk menyongsong hari kemenangan dan berkumpul bersama sanak keluarga di kampung halaman merayakan hari nan fitri.

Banyak cara untuk mudik menuju kampung halaman, mulai dari naik mobil pribadi, kendaraan umum dan menggunakan sepeda motor. Yang paling diminatpi para pemudik adalah menggunakan sepeda motor karena dirasa bisa selip sana sini dan bisa sampai tujuan dengan lebih cepat. Walaupun memang bukan cara yang paling ideal, apalagi jika membawa keluarga.

Padahal setiap tahunnya pemerintah selalu menghimbau kepada warganya agar tidak mudik menggunakan sepeda motor dan menyediakan mudik gratis menggunakan kendaraan umum seperti bis. Tujuannya agar pemudik menggunakan sepeda motor berkurang. Demi menanggulangi banyaknya kecelakaan yang terjadi ketika mudik lebaran.

Namun bagi pemudik yang masih nekat menggunakan sepeda motor tak perlu risau, kali ini saya akan berbagi saran dan tips agar perjalanan mudik Anda aman dan selamat sampai tujuan masing-masing. Simak baik-baik yaa. ๐Ÿ˜‰

Cek kondisi kendaraan

Sebelum Anda berangkat mudik menggunakan sepeda motor luangkan waktu sebentar untuk mengecek sepeda motor Anda. Pastikan semua normal, mulai rantai, rem, kelistrikan, lampu, busi, oli hingga klakson.

Namun alangkah baiknya jika sepeda motor Anda diservis terlebih dahulu sebelum dipakai untuk mudik untuk memantapkan keadaan sepeda motor dalam keadaan prima. Dan jangan sampai lupa untuk membawa kelengkapan surat-surat kendaraan dan surat izin mengemudi Anda. Jangan lupa juga untuk menggunakan helm, sarung tangan, sepatu dan pastikan jas hujan Anda tidak tertinggal.

Istirahat cukup

Lawan terberat bagi pengendara sepeda motor jarak jauh adalah keadaan fisik diri Anda sendiri.  Karean itu jangan sampai memaksakan diri jika keadaan tubuh Anda sedang tidak fit. Pastikan tidur Anda cukup minimal 8 jam demi mencegah kantuk datang ketika sedang berkendara, sebab seiap tahunnya banyak kecelakaan yang disebabkan karena pengendara yang mengantuk namun dipaksakan.

Menepi setiap 2 jam perjalanan

Memacu sepeda motor ternyata tidak hanya menguras energi tapi konsentrasi pun perlahan-lahan akan berkurang. Karena itulah untuk mencegah hal yang tak diinginkan menepilah 2 jam sekali. Selain mencegah hal tak diinginkan dengan beristirahat energi tubuh yang terkuras akan kembali dan konsentrasi pun akan kembali normal.

Tentukan rute

Hal ini sangatlah penting, karena setiap rute tentu ada resikonya dan pastikan rute tersebut cocok dengan kondisi sepeda motor Anda. Zaman yang semakin modern akan mempermudak pemudik salah satunya untuk memilih rute, cukup buka aplikasinya makan akan banyak pilihan rute yang sesuai dengan kendaraan Anda. Saran saya untuk tidak memilih jalur terpendak namun pilihlah jalan yang aman.

Berangkat subuh buta

Waktu paling ideal bagi pemudik dengan sepeda motor adalah subuh. Sebab saat itu juga tubuh Anda dalam keadaan bugar karena baru saja bersantap sahur dan telah istirahat cukup.
Hindarilah mudik saat tengah malam sebab resiko ngantuk akan selalu membayangi Anda sepanjang jalan. Selain itu kondisi jalan tentu akan terasa asing dan belum tentu rute yang Anda lewati aman dari kejahatan. Jadi lebih baik mulailah perjalanan mudik Anda ketika subuh.

Tinggalkan yang tak diperlukan

Mudik menggunakan sepeda motor memang bisa dibilang murah namun Anda tidak dapat membawa banyak barang bawaan, sebab jika barang bawaan Anda berlebih dampaknya akan membahayakan Anda ketika dalam perjalanan.

Jangan tergesa-gesa

Keluarga tentu menanti kedatangan Anda di kampung, tapi mereka menginginkan Anda sampai dengan selamat bukan? Makanya jangan ngebut dan tergesa-gesa dalam perjalanan. Nikmati perjalanan Anda dan jangan pasksakan diri. Istirahatlah jika badan terasa capek ataupun mengantuk!!.

Cukup sekian tips yang bisa saya bagikan, pastikan semuanya sudah disiapkan dan direncanakan seperti tips diatas sehingga perjalanan mudik Anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan. Selamat bermudik ria dan selamat sampai kampung halaman masing-masing.๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Tidak ada komentar:
Write komentar