IBX595C13BD0C759

Jumat, 23 Juni 2017

Tips Memilih Oleh-Oleh Saat Mudik


Ketika musim mudik datang tentu tak akan terlebas dari oleh-oleh. Selain bertemu dengan sanak keluarga di kampung halaman dengan selamat, keluarga di kampung halaman pun pasti mengharapkan oleh-oleh dari kota rantau Anda.

Oleh-oleh mudik pun ternyata bukan yang Anda bawa ke kampung halaman saja. Tapi Anda juga perlu memikirkan oleh-oleh dari kampung halaman ke kota rantau. Ada sebagian orang mungkin berfikiran “mengapa harus saling memberikan oleh-oleh?” tentu jawabannya sebagai makhluk sosial tentu hasil saling berbagi. Bahkan dalam ajaran islam disebutkan dalam sebuah hadits agar saling memberikan hadiah kepada orang di sekeliling kita.

Kali ini Saya akan memberikan Tips untuk memilihkan oleh-oleh untuk sanak family di kampung halaman dan untuk rekan kerja serta tetangga di kota rantau.

1. Budget keuangan

Membeli oleh-oleh sudah pasti membutuhkan dana yang tidak kecil. Anda harus siapkan dana khusus untuk membeli buah tangan untuk keluarga dan rekan kerja. Tentu belilah sesuai dengan dana yang Anda punya, tak perlu memaksakan diri.

Budgeting ini juga perlu dipisahkan, mana yang untuk keluarga di kampung halaman dan mana yang untuk membeli oleh-oleh untuk rekan kerja di kota rantau. Hal ini dilakukan agar tidak tercampur sehingga ketika Anda akan pergi kembali k kota rantau tak kehabisan dana untuk membeli oleh-oleh.

2. Belilah Oleh-Oleh Sesuai Penerima

Ketika mudik ke kampung halaman tentu akan bertemu banyak sanak family, mulai dari yang masih kecil hingga sudah tua. Hal inilah yang harus Anda bedakan, mana oleh-oleh yang akan diberikan kepada orang tua Anda dan mana oleh-oleh yang akan diberikan untuk keponakan Anda.

Pembedaan kategori usia ini tentu memiliki nilai yang positif, dengan memilih oleh-oleh sesuai usia tentu selain lebih sopan, penerima hadiah pun akan merasa senang dan puas dengan buah tangan yang Anda berikan.

3. Transportasi

Pemilihan alat transportasi tentu mempengaruhi oleh-oleh yang akan dibawa ke kampung halaman. Jadi misalkan Anda akan mudik menggunakan transportasi umum dan oleh-olej yang Anda bawa berukuran besar tentu akan sangat menyusahkan, selain membawanya berat tentu terkena biaya tambahan. Begitu juga jika menggunakan sepeda motor, tentu tidak akan bisa membawa oleh-oleh dengan jumlah banyak. Tapi jika Anda mudik menggunakan mobil pribadi tentu akan lebih fleksibel ketika ingin membawa oleh-oleh.

4. Oleh-Oleh Khas

Banyak dari penerima oleh-oleh mengharapkan oleh-oleh yang memang menjadi unggulan di daerah Anda atau singkatnya makanan khas atau barang khas dari kampung halaman Anda. Hal ini tentu akan lebih memberikan kesan kepada rekan kerja Anda ataupun tetangga Anda terkait oleh-oleh yang Anda bawa.

5. Jangan Dadakan

Ini poin yang sangat sering disepelekan banyak orang ketika ingin membeli oleh-oleh. Banyak orang merasa akan mudah mendapatkan oleh-oleh yang diinginkan dengan mudah. Padahal Dia sadar kalau bukan hanya Dia seorang yang sedang mencari oleh-oleh. Biasanya berakhir dengan kehabisan barang yang akan dibeli.
Alangkah baiknya sisihkan waktu sebentar untuk mencari oleh-oleh sebelum pulang kembali ke kota rantau sehingga ketika akan pulang tidak mendadak beli oleh-oleh.

Belilah oleh-oleh yang sesuai dengan keadaan Anda, jangan paksakan diri Anda ketika ingin memberikan yang terbaik untuk sanak family ataupun rekan kerja Anda. Sekian tips dari saya semoga tips ini bermanfaat dan hari-hari Anda menyenangkan.

Tidak ada komentar:
Write komentar